Langsung ke konten utama

MAKALAH PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN MODERN JADAH WAJIK KETAN






MAKALAH
PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN MODERN
JADAH WAJIK KETAN 



 
KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam saya sampaikan ke hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahan-Nya makalah ini dapat saya selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini saya membahas “JADAH WAJIK KETAN”.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman mengenai makanan makanan khas daerah khususnya Jadah Wajik Ketan yang munkin sudah ditinggalkan oleh perkembangan zaman.
Dalam proses pendalaman materi kuliner ini, tentunya saya mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya saya sampaikan kepada dosen mata pelajaran dan juga rekan-rekan mahasiswa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini. Demikian makalah ini saya buat semoga memberikan faedah.

Jakarta, Juni 2018
                                                                                                                                                 Penyusun
                                                                                                                                                                       

( Aery Grady )




DAFTAR ISI


Cover1
Kata Pengantar2
Daftar Isi3
BAB 1 ( PENDAHULUAN )4
Latar Belakang4
Rumusan Masalah dan Tujuan6
BAB 2 ( PEMBAHASAN )
       Pengertian……...……………………………………………………………………..8
       Cara Pembuatan...…………………………………………………………………….9
       Filosofi Makanan……………………………………..……………………………..15
BAB 3 ( PENUTUP )
       Kesimpulan dan Saran………………………………………………………………18
Kata Penutup……….…………………………...……………………………………...20
Daftar Pustaka….………………………………...…………………………………….21








BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Indonesia merupakan negara dengan berbagai keragaman, baik keragaman suku, agama, bahasa, maupun budaya. Indonesia yang kaya akan budaya ini memiliki keunikannya masing-masing di tiap daerah-daerahnya, misalkan pada adat pernikahannya yang berbeda-beda di tiap daerah atau upacara kematian yang terkenal unik khas suku Toraja.

Di Jawa sendiri, ada berbagai macam ritual adat untuk berbagai hal seperti penikahan, kelahiran, pertumbuhan anak, dan lain-lain. Pada pernikahan adat Jawa, setiap langkah dari ritual memiliki maknanya tersendiri, bahkan makanan dan minuman yang disediakan dalam pernikahan Jawa pun memiliki makna, tidak sembarang disediakan sebagai pelepas lapar dan dahaga. Kebudayaan yang kaya dan penuh makna ini tampaknya kurang diketahui oleh masyarakat umum. Padahal dengan memahami makna dari budaya yang kita miliki, rasa kepemilikan budaya tersebut akan meningkat dan budaya dapat selalu dilestarikan.

Salah satu makanan tradisional yang selalu ada dalam pernikahan adat Jawa adalah wajik. Wajik merupakan makanan yang terbuat dari ketan yang memiliki makna yang cukup penting dalam pernikahan adat Jawa. Makanan ini biasanya ada pada prosesi lamaran yang merupakan salah satu prosesi dalam serangkaian prosesi pernikahan adat Jawa.


Jadah dan Wajik Ketan adalah salah satu ragam kekayaan kuliner di Indonesia. Kue wajik memiliki beberapa sebutan yang berbeda-beda di setiap tempat. Nama wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah. Kue wajik di Sumatera disebut pulut manis.

Wajik yang berasal dari ketan juga disebut dengan istilah ketan wajik. Selain memiliki sebutan yang berbeda-beda, Indonesia juga memiliki bermacamacam jenis wajik. Wajik yang paling dikenal adalah wajik ketan yaitu wajik yang berasal dari beras ketan. Wajik yang biasa di kenal masyarakat luas adalah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan.

Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua. Setelah wajik diangkat dari tempat pengolahan, wajik kemudian akan dibentuk atau diiris sesuai dengan keinginan pembuat.

Bentuk yang biasa dibuat adalah bentuk belah ketupat atau jajar genjang. Bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa biasa disebut bentuk wajik, oleh 4 karena itu kue ini bernama wajik. Kue wajik biasanya juga berbau harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan. Jenis wajik ketan selain berwarna coklat ada pula yang memiliki warna lain seperti warna hijau dan warna merah muda. Warna hijau pada kue wajik berasal dari pewarna alami yaitu dari sari daun suji, sedangkan warna merah muda bisa didapat dari pewarna makanan.

Wajik yang berwarna hijau dan merah muda tidak menggunakan gula merah melainkan menggunakan gula pasir. Wajik ketan merupakan makanan yang sering di buat oleh masyarakat Minang untuk sebagai makana acara-acara adat seperti pesta pernikahan di Minang Kabau. Setiap ada acara pernikahan makanan tersebut selalu ada.

B.    Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, dapat dilihat permasalahan dalam makalah ini adalah:
a.      Bagaimana sejarah Jadah dan Wajik Ketan?
b.      Bagaimana resep makanan Jadah dan Wajik Ketan?
c.      Kegunaan dan Filosofi apa yang ada di dalam Makanan Jadah dan Wajik Ketan?
d.      Nilai apa yang ada  di dalam Jadah dan Wajik Ketan?

C.    Tujuan

Dari perumusan masalah diatas, maka dapat diketahui tujuan penulisan makalah ini adalah:
a.                  Untuk mengetahui sejarah salah satu masakan Jadah dan Wajik Ketan
b.                  Untuk mengetahui resep makanan Jadah dan Wajik Ketan
c.                  Filosofi yang ada pada Jadah dan Wajik Ketan
d.                  Cara Pengolahan pada Jadah dan Wajik Ketan
e.                  Nilai yang ada pada Jadah dan Wajik Ketan






BAB 2
PEMBAHASAN

A.    Pengertian

·        Wajik
Wajik adalah penganan yang dibuat dari campuran ketan, gula, dan kelapa dan dipotong seperti bentuk intan (segi empat, jajaran genjang). Dalam pernikahan adat Jawa, wajik adalah salah satu komponen yang ada pada saat upacara Srah-srahan (atau seserahan) dalam prosesi lamaran bersama makanan sejenis seperti jadah atau jenang. 

Srah-srahan merupakan upacara pada pernikahan adat Jawa yang dilakukan dengan penyerahan barang-barang tertentu dari pihak pria kepada pihak wanita sebagai peningset, yang artinya tanda pengikat.
Wajik memiliki makna kelengketan yang disebabkan oleh salah satu bahan utama pembuat wajik yaitu ketan. Kelengketan wajik melambangkan bahwa akan bersatunya mempelai pria dan wanita dalam upacara pernikahan, dan harapan agar ke depannya mereka dapat lengket satu sama lain atau tidak mudah tercerai berai seperti lengketnya ketan pada wajik. Tidak hanya mempelai wanita dan pria, namun juga keluarga mempelai diharapkan dapat disatukan seperti halnya ketan pada wajik, yang sebelum dimasak dapat dipisahkan, namun setelah dimasak bersifat lengket dan tidak dapat dipisah. Keluarga kedua mempelai diharapkan dapat lebih lengket dan juga sulit dipisah. Namun saat ini, wajik banyak diganti oleh kue kering pada saat acara seserahan pada pernikahan adat Jawa, hal ini tentunya sudah menggantikan makna wajik yang telah disediakan untuk makanan tradisional pada acara seserahan.

·        Jadah
Jadah adalah makanan tradisional yang mudah ditemukan di mana saja. Makanan ini terbuat dari ketan dan kelapa. Jadah Selo merupakan makanan khas daerah di Boyolali, tepatnya di kawasan Selo. Namun makanan ini baru terkenal sejak adanya jalur wisata Solo-Selo-Borobudur.Pembelinya tidak hanya kalangan petani saja, namun juga wisatawan yang melewati kawasan ini. Jadah ini bisa dinikmati dengan cara dibakar maupun tidak. Dengan udara pegunungan yang sejuk, jadah lebih pas dipadukan dengan tempe atau tahu bacem.

Jadah merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar ketan. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, makanan yang lengket yang terbuat dari ketan, seperti jadah, memiliki filosofi sebagai simbol silaturahmi dan harapan bahwa kedua mempelai akan selalu bersatu sampai akhir hayat dan silaturahmi antara kedua keluarga akan tetap terjaga selamanya. Karena yang telah dipersatukan Allah jangan diceraikan manusia.

B.    Cara Pembuatan

·        Wajik Ketan
Bahan yang diperlukan :
·         3 lembar daun pandan
·         100 gram gula pasir
·         250 gram gula merah
·         750 cc santan dari 1 ½ butir kelapa
·         800 gram beras ketan putih
·         Garam dapur secukupnya
·         Daun pisang secukupnya, sebagai alas
·         Minyak goreng secukupnya, untuk mengoles

Cara Membuat Wajik Ketan:
1.      Langkah pertama beras ketan dicuci dulu setelah itu direndam selama 1 jam, lalu dikukus setengah matang.
2.      Siapkan santan kelapa yang sudah diperas kemudian memasaknya bersama gula pasir, gula merah, daun pandan, dan garam hingga mendidih.
3.      Setelah santan mendidih masukkan ketan yang selesai dikukus tadi aduk-aduk terus hingga santan mengering dan ketan telah matang, lalu diangkat.
4.      Untuk tempat kue nya siapkan loyang dengan diberi alas daun pisang terlebih dahulu di atas loyang atau tampah, dan sebelumnya olesi permukaan daun dengan minyak goreng.
5.      Tuangkan adonan Kue Wajik pada tampah atau loyang yang telah disiapkan tadi, dengan cara meratakan kue sambil ditekan-tekan agar teksturnya padat, tunggu beberapa menit sampai dingin.
6.      Setelah dingin kemudian wajik baru bisa dipotong sesuai keinginan dengan bentuk persegi ukuran 4 cm x 6 cm (kira-kira untuk 60 potong).

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat wajik antara lain ketan, gula, dan kelapa yang dalam konteks adalah santan dari kelapa. Masing-masing bahan memiliki kualitasnya masing-masing dan penilaian bagusnya kualitas bahan itu masing-masing. Penilaian kualitas dapat dilakukan secara subyektif dengan menggunakan panca indera untuk merasakan apakah bahan yang digunakan berkualitas bagus atau tidak, atau menggunakan standar yang telah dibuat oleh berbagai badan salah satunya adalah Badan Standardisasi Nasional Indonesia.

Untuk gula jawa yang digunakan, pastikan gula jawa adalah gula jawa asli dan murni tidak tercampur dengan gula pasir atau parutan kelapa, meskipun pada pembuatan wajik terkadang digunakan gula pasir. Penggunaan gula jawa yang murni ini ditujukan untuk lebih meningkatkan cita rasa khas gula jawa yang diinginkan dalam suatu wajik. Untuk santan, santan yang digunakan sebaiknya santan asli dari kelapa, didapat dengan cara memeras air dari kelapa parut, tidak menggunakan santan kelapa instan yang biasanya dijual di supermarket.

Santan instan merupakan produk buatan pabrik yang dibuat dengan adanya penambahan berbagai bahan kimia dengan berbeagai tujuan, salah satunya adalah pengental bernama guar gum atau sirup jagung yang mengandung kadar fruktosa yang tinggi, bahan kimia ini dikhawatirkan dapat menimbulkan reaksi kimia yang bersifat negatif pada tubuh manusia yang memiliki reaksi penolakan terhadap bahan-bahan kimia tersebut.

Beras ketan yang digunakan kualitasnya juga harus baik. Dilansir dari kuliner.cahiya.com, beras ketan putih yang berkualitas bagus dapat dipilih dengan kriteria-kriteria berikut :
·      Pilih yang berwarna putih
·      Diperhatikan setiap butirannya, apakah utuh (bagus) atau ada patahan (buruk)
·      Tidak berbau asing
·      Memiliki aroma khas yang mirip daun pandan
·                 Teksturnya tidak berwarna kusam

Selain pemilihan bahan-bahan berkualitas untuk pembuatan wajik, berikut penulis berikan beberapa tips untuk menambah kualitas wajik yang dihasilkan. Pada saat merebus santan kelapa bersama bahan-bahan lainnya, larutan santan harus terus diaduk agar santan tidak pecah/hangus oleh panas. Saat adonan ketan sudah jadi, lebih baik ditunggu sampai agak dingin sebelum dipotong, untuk memotongnya gunakan pisau yang dilumuri sedikit minyak supaya tidak terlalu lengket saat memotong wajik.

Hal-hal yang telah dituliskan sebelumnya merupakan hasil pencarian yang dilakukan oleh para penulis terhadap salah satu makanan tradisional Jawa, yaitu wajik. Pencarian informasi oleh penulis dilakukan dengan cara mengadakan wawancara langsung kepada seorang dalang dan pemilik Paguyuban Wayang Hikmah yaitu Ki Ragil Supadi supaya informasi yang didapat dapat dinilai valid karena berasal dari sumber yang mengenal budaya Jawa lebih dalam termasuk tradisi pernikahan adat Jawa dan makanannya. Selain itu, penulis juga mengutip beberapa informasi dari internet dan majalah yang memuat berbagai informasi mengenai wajik, sebagai informasi tambahan yang dapat dimasukkan dalam penulisan makalah ini.

Wajik merupakan makanan yang lezat dan sederhana, pembuatannya pun cukup mudah karena bahan-bahan dasar pembuat wajik berlimpah di negara kita ini. Karena kesederhanaannya ini, wajik mungkin sering diremehkan. Keberadaan wajik seiring waktu tergantikan oleh adanya makanan yang lebih praktis, seperti kue kering, padahal hal ini menjadikan makna wajik yang harusnya melengketkan dua mempelai dan dua keluarga menjadi tergantikan. Wajik, sebagai salah satu makanan tradisional di Jawa harus dilestarikan keberadaanya, karena nilai budaya dan maknanya yang sangat tinggi.

·        Jadah

Bahan-bahan:
·         -250 Gram tepung ketan
·         -200 Ml santan
·         -70 Gram kelapa parut
·         -1 Sdt garam
·         -2 Sdm gula pasir
·         -Serundeng untuk taburan.




Cara membuat Jadah
Bahan untuk membuat jadah antara lain:
-                      Beras ketan
-                      Kelapa parut atau santan (bisa pilih salah satu)
-                      Garam
-                      Air
Kemudian untuk proses pembuatannya adalah sebagai berikut:
-                      Beras ketan direndam dengan air selama 2 – 3 jam. Kemudian dicuci dengan air bersih lalu ditiriskan.
-                      Beras ketan yang sudah ditiriskan dikukus setengah matang ± 30 menit. Kemudian diangkat dan dipindahkan dalam wadah bersih.
-                      Ditambahkan kelapa parut atau santan yang sudah dididihkan (bisa salah satu) dan garam sesuai selera. Kemudian diaduk hingga merata.
-                      Setelah tercampur rata dimasukkan kembali ke dalam kukusan dan dikukus sampai matang ± 20 menit. Kemudian diangkat dan dipindahkan ke dalam wadah yang bersih.
-                      Ketan ditumbuk hingga halus dan padat lalu ditunggu sampai agak dingin.
-                      Kemudian jadah dapat dipotong-potong sesuai selera.
-                      Jadah siap dihidangkan.
-                      (saran penyajian dengan tempe atau tahu bacem)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqga1lMZGCJJk5kxZT8HuHG60gGaXY8Y5M-XlIUFdJGdQmbxHarq8bRmB0mx3x7OT4AqjzP2ju422RqBmWh1JK6YAk25ELz4wKdxw8d0hqsTYsZ_bmX_oBfBPuVe7w3Jj7vUffQxV0KEw/s320/JADAH.jpg






Sumber: masakandapurku.com

Untuk mendapatkan hasil yang baik pada produk pangan tentu dalam proses pembuatannya menggunakan bahan-bahan yang memiliki mutu dan kualitas baik. Dalam proses pembuatan jadah diperlukan bahan beras ketan yang kualitasnya baik dan warna berasnya putih susu.
Kemudian kelapa parut atau santan juga di dapatkan dari buah kelapa yang tua supaya mendapatkan cita rasa jadah yang khas. Selain memperhatikan kualitas bahan, kebersihan dalam proses pembuatan juga perlu diperhatikan supaya menghasilkan jadah yang berkualitas baik dan higienis.







C.    Filosofi

Jadah

Beragam kue tradisional jajanan pasar yang dibuat dan dijajakan banyak diminati masyarakat terutama warga keturunan suku Jawa adalah kue jadah dan wajik ketan.

Dua jenis kue yang berbahan ketan tersebut kerap disajikan dan dibeli tanpa terpisah meski merupakan jenis makanan yang berbeda dengan bahan baku terbuat dari beras ketan utuh tanpa digiling.

Kuliner tradisional berbahan beras ketan tersebut merupakan warisan kuliner yang kerap dibuat sebagai panganan pada acara acara spesial dalam tradisi suku Jawa seperti pernikahan  atau hajatan warga. Beras ketan yang memiliki ciri khas lebih lengket dan merekat erat satu sama lain saat sudah dimasak atau diolah setelah sebelumnya berwujud beras dibandingkan jenis beras lain.

Makna luhur dari beras ketan yang memiliki ciri khas lengket,merekat erat tersebut menjadi sebuah pesan khususnya pengantin sebagai suami istri agar bisa tetap melihat ketan yang tak bisa dipisahkan satu sama lain.

Adanya wajik dalam hidangan pada pernikahan adat jawa kerap kali dilengkapi dengan adanya jadah. Wajik yang menggunakan gula merah diidentikkan dengan warna merah pada darah, sedangkan jadah yang tidak menggunakan gula merah diidentikkan dengan warna putih pada sumsum tulang. Dimana darah dan sumsum merupakan kesatuan kehidupan dalam tubuh. Dengan ini diharapkan sepasang pengantin dapat saling menyatu. Wajik menggunakan beras ketan yang memiliki sifat yang lengket. Hal ini juga mengharapkan agar kedua pengantin tersebut semakin tidak terpisahkan.

Pesan moral atau nilai luhur tersebut disimbolkan dalam kue kue seserahan saat calon pengantin laki laki mengantarkan seserahan kepada calon pengantin wanita termasuk saat acara tunangan (peningsetan).  Petuah dari tokoh masyarakat yang dituakan tersebut bahkan kerap disampaikan sebagai nasehat bagi pengantin agar merajut rumah tangga yang langgeng sampai mati dan abadi.

Simbolisasi dalam kue ketan yang bisa berwujud lemper, jadah ketan, dan wajik diakuinya menjadi sebuah filosofi luhur agar pengantin tidak mudah putus ketika mengarungi bahtera rumah tangga bahkan tetap bisa merekatkan diri satu sama lain sebagai sepasang suami isteri yang mengikat janji sampai mati.
Jadah dan wajik ketan memiliki dua rasa berbeda di antaranya jadah ketan berwarna putih yang memiliki rasa gurih dan wajik ketan yang berwarna merah menjadi paduan gurih dan manis ciri khas citarasa kuliner buatan masyarakat suku Jawa.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqF0FnZhBVQZRyg_yeemLMRkbLBaF9YUv4DF7Nmm0IUYO1-PwEYVbk_PY-Q4gBUQUFspDuc4jTq34T11UJGJtASIcZSf_ku9zSwoATuKumnhXwB8yh2aVyMqKI_8Thu1XW-l0sAG08xcY/s1600/resep+kue+wajik+ketan.jpgSelama tidak digunakan dalam acara hajatan pernikahan kue jadah serta wajik tetap kerap dibuat oleh para pembuat kuliner tradisional suku Jawa yang masih banyak dijual dan dibuat di Kalianda Lampung Selatan dengan tempe bacem atau tempe benguk goreng sebagai makanan pelengkap.

Dua jenis makanan yang kerap dibuat secara bersamaan oleh mbok Suminah sebelum dijual tersebut diakuinya memiliki resep yang sangat sederhana dengan bahan bahan yang mudah diperoleh di pasar.












BAB 3
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pernikahan adat jawa memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas tersebut diantaranya bisa dilihat dari makanan daerah yang seringkali terdapat dalam pernikahan tersebut. Masyarakat tidak selalu mengetahui makna dari keberadaan makanan tersebut, terlebih lagi remaja jaman sekarang juga sudah tidak memerhatikan hal-hal tersebut. Padahal, setiap makanan daerah yang ada dalam pernikahan adat jawa memiliki bahan-bahan yang beragam, yang menghasilkan makna dan filosofinya masing-masing.

Saya sebagai mahasiswa hotel dan pariwisata, merasa bahwa tugas berkaitan dengan makanan tradisional dalam pernikahan adat jawa ini memberikan berbagai manfaat. Dengan adanya tugas ini, saya mengetahui makanan-makanan apa saja yang biasanya terdapat dalam rangkaian acara pernikahan jawa. Tidak berhenti di situ, saya juga mendapatkan informasi mengenai bahan-bahan yang digunakan dalam makanan tersebut, disertai dengan karakteristik bahan dengan kualitas yang baik. Selain itu, dari bahan-bahan yang digunakan serta penggunan makanan tersebut dalam rangkaian pernikahan, saya juga dapat menganalisis makna dari makanan tersebut.





B.      Saran

Hal-hal di atas membuat wawasan saya semakin luas dan mendorong saya untuk lebih melestarikan adat beserta makanan jawa. Saat ini pernikahan adat sudah semakin ditinggalkan, begitu pula makanan tradisional yang ada di dalamnya semakin tidak dikenal, padahal tanpa sadar kita masih kerap menemukan makanan tersebut dalam jajanan pasar.

Oleh karena itulah, sebagai anak muda, khususnya mahasiswa hotel dan pariwisata, perlu lebih memahami mengenai makanan tersebut dan diharapkan nantinya dapat menyebarluaskan informasi kepada orang lain sebagai wujud pelestarian terhadap adat dan makanan jawa .












KATA PENUTUP

        Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentu nya masih banyak kekurangan dan kelemahan nya, kerena terbatas nya pengetahuan dan kurang nya rujukan atau referensi yang ada hubungan nya dengan judul makalah ini.
        Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurna nya makalah ini dan dan penulisan makalah dikesempatan-kesempatan berikut nya.
        Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khusus nya juga para pembaca yang budi man pada umum nya.













DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN MODERN COTO MAKASAR

MAKALAH PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN MODERN COTO MAKASAR KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga saya bisa menyelesaikan makalah mata kuliah “COTO MAKASAR”. Shalawat serta salam saya sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni Al-Qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia. Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Pelajaran Pengolahan Makanan Modern di program studi D4 Perhotelan. Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing mata kuliah dan segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini. Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Jakarta, Juni 2018                     

MAKALAH PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN MODERN AYAM GORENG TALIWANG

MAKALAH PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN MODERN AYAM GORENG TALIWANG KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.             Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.             Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman saya, Saya yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Jakarta, Juni 2018 Penulis Josefine DAFTAR ISI Cover 1 Kata Pengantar 2 Daftar Isi 3 BAB 1 ( PENDAHULUAN ) 4 Latar Belakang 4 Rumusan Ma